Social Icons

RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

            Satuan Pendidikan      : SDI Negeri Beumopu          
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan
Sub Tema                    : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke      : 1
Alokasi Waktu            : 7 x 35 Menit

A.       Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.        Kompetensi Dasar
Matematika
3.5  Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2  Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.
PPKn
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3  Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
PJOK
3.2  Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1  Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan/atau tradisional.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika
1.      Menemukan perbedaan antara bangun segi banyak berdasarkan cirri-cirinya
2.      Membedakan rangkaian bangun yang merupakan pengubinan dan bukan pengubinan
3.      Merancang pengubinan menggunakan bangun segi banyak
PPKn
1.      Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman
2.      Menceritakan pengalaman bermain dengan teman yang berbeda-beda
PJOK
1.      Mempraktekkan permainan engklek

D.       Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengamati gambar,  siswa dapat menemukan perbedaan antara bangun segi banyak berdasarkan cirri-cirinya dengan benar
2.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat membedakan rangkaian bangun yang merupakan pengubinan dan bukan pengubinan secara tepat
3.      Setelah mengamati contoh dan diberikan kertas berpetak, siswa dapat merancang pengubinan menggunakan bangun segi banyak dengan benar
4.      Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman dengan rinci
5.      Dengan diskusi, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain dengan teman yang berbeda-beda dengan bahasa yang runtut
6.      Setelah membaca teks dan simulasi, siswa dapat mempraktekkan permainan engklek

E.        Materi Ajar
Matematika        : Segi banyak
PPKn                  : Bersatu dalam keberagaman
PJOK                  : Permainan engklek

F.        Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.       Kegiatan Pemebelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
1.    Guru menyampaikan salam pembuka dan meminta seorang siswa untuk memimpin do’a untuk mengawali pembelajaran (siswa memimpin do’a sesuai agama dan kepercayaannya dan siswa lain menyesuaikan dengan kepercayaan masing-masing)
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Guru memotivasi siswa dengan cara melakukan tanya jawab dengan siswa
a.       Siapa yang pernah bermain permaian “siki doka”?
b.      Bagaimana bentuknya?
c.       Bagaimana cara memainkannya?
4.      Menginformasikan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang akan siswa pelajari.
5.      Guru melakukan kontrak belajar dengan siswa.
15 Menit
Inti
1.      Siswa menyebutkan macam-macam permainan tradisional
2.      Siswa mengamati gambar permainan engklek dan membaca teks
3.      Guru mengajak siswa ke lapangan sekolah
4.      Guru menjelaskan peraturan dalam permainan engklek
5.      Siswa melakukan permaian engklek di lapangan sekolah (Penilaian 3)
6.      Siswa diajak masuk ke dalam kelas
7.      Siswa menceritakan pengalamannya selama melakukan permaian engklek
8.      Siswa menyebutkan sikap yang baik selama melakukan permainan engklek dengan teman yang berbeda suku
9.      Siswa mengamati gambar yang ada dalam buku tentang pengubinan
10.  Siswa menyebutkan macam-macam pengubinan yang ada dalam gambar
11.  Siswa menyebutkan macam-macam pengubinan yang ada dalam kelas maupun di luar kelas
12.  Guru membentuk siswa ke dalam beberapa kelompok (pembentukan kelompok disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, jenis kelamin, dan suku)
13.  Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam kelompok
14.  Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengerjakan tugas tentang pengubinan (Buku Siswa hal.44)
15.  Guru mengontrol dan mengawasi jalannya diskusi (Penilaian 1)
16.  Perwakilan dari kelompok melaporkan hasil kerja kelompok dan kelompok lain menanggapi hasil kerja teman
17.  Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa
18.  Guru membagikan kertas berpetak kepada setiap siswa
19.  Siswa diminta untuk berkreasi membuat pengubinan dalam kertas berpetak  (Buku Siswa hal.46) (Penilaian 2)
20.  Siswa mengamati dan membaca teks tentang “Fahombo Batu”
21.  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang isi teks bacaan
210 Menit
Penutup
1.      Sebagai penutup, guru menanyakan kepada siswa tentang
permaian engklek, makna persatuan dalam perbedaan, dan pengubian
2.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
3.      Guru memberikan pelatihan lanjutan bagi siswa berupa tugas rumah/PR (Buku Siswa hal.50 )
4.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok berprestasi
5.      Doa penutup
15 Menit

H.       Alat dan Sumber Belajaran
a.       Lembar Penilaian proses
b.      Buku siswa
c.       Kapur
d.      Lapangan
e.       Gacuk/lempengan genting/batu
f.       Gambar motif
g.      Kertas berpetak
h.      Teks fahombo batu

I.          Penilaian
Instrumen Penilaian
·       Penilaian Produk (Lampiran)
·       Penilaian Kinerja (Lampiran)






                          Mengetahui                                                       Kupang,      Agustus 2013
                 Kepala SDN Beumopu                                                       Guru Kelas IV



                  Elias Messakh, A.Ma                                                     Sarci M. Sila, S.Pd
                  NIP. 19600112 198202 1 005                                         NIP.


                                   







LAMPIRAN 1
Penilaian
1.      Kegiatan berdiskusi dinilai dengan rubric
Rubrik penilaian diskusi siswa
No.
Nama Kelompok
Kriteria
Mendengarkan
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Keruntutan berbicara
1
2

Dst








Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Perlu Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara (3)
Mendengarkan teman yang berbicara, tetapi sesekali masih perlu diingatkan. (2)
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. (1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat. (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman. (1)

Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung
dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespons sesuai dengan topik. (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung. (1)


Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir. (3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten. (2)
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut. (1)








2.      Merancang pengubinan
No.
Nama Siswa
Criteria Penilaian
Pengubinanku memiliki lebih dari 6 bentuk geometri
Pengubinanku tertata rapi dan tidak berhimpit antar bentuk
dan tidak memiliki ruang kosong
Aku menceritakan bentuk pengubinanku kepada 2 teman
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
….






2
….






3
....






4
....






5
Dst







3.      Mempraktikkan kombinasi gerak dasar atletik jalan dan lari

No.
Nama Siswa
Criteria Penilaian
Mampu mempraktikkan gerak dasar jalan dengan
teknik yang benar.
Mampu mempraktikkan gerak dasar lari dengan teknik
yang benar.
Mampu melompat tanpa melewati garis batas yang
telah ditentukan.
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1
….






2
….






3
....






4
....






5
Dst























LAMPIRAN 2



TUGAS 1


TUGAS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

            Satuan Pendidikan      : SD Negeri Beumopu
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan
Sub Tema                    : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke      : 2
Alokasi Waktu            : 7 x 35 Menit

A.      Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
BAHASA INDONESIA
3.2     Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS
3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
BAHASA INDONESIA
1.      Menggali informasi berdasarkan teks wawancara dengan diskusi
2.      Melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan daftar pertanyaan
3.      Menuliskan laporan tentang hasil wawancara berdasarkan data yang telah dikumpulkan
IPS
1.      Menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata) masyarakat sekitar
D.      Tujuan Pembelajaran:
  1. Setelah bereksplorasi, siswa dapat menggali informasi berdasarkan teks wawancara dengan diskusi
  2. Setelah bereksplorasi, siswa dapat melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan daftar pertanyaan
  3. Setelah melakukan wawancara, siswa dapat menuliskan laporan tentang hasil wawancara berdasarkan data yang telah dikumpulkan secara rinci
  4. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata) masyarakat sekitar

E.       Materi Ajar:
Bahasa Indonesia : Wawancara
IPS                       : Kegiatan Ekonomi

F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Penugasan, Tanya Jawab, Demonstrasi, Pengamatan, Diskusi Dan  Ceramah

G.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Kegiatan Pembuka
1. Guru menyampaikan salam pembuka, siswa diminta membuat gerakan sesuai aba-aba dari guru (tangan diangkat keatas, tangan di pundak, tangan di pinggang, dan tangan dilipat kemudian duduk) dan seorang siswa diberikan kesempatan untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran
2. Guru mengecek kehadiran siswa
3. Bertanya jawab dengan siswa tentang materi pembelajaran 2
Siswa diberi pertanyaan penggiring:
v  Siapa yang suka menonton berita?
v  Apakah kalian pernah melihat orang melakukan wawancara?
v  Wawancara tentang apa yang kalian tonton?
4. Menginformasikan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang akan siswa pelajari.
5. Guru melakukan kontrak belajar dengan siswa




Kegiatan Inti
1.   Siswa diberikan kesempatan untuk membaca teks tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara (Guru mengontrol dan mengawasi siswa)
2.   Siswa menyebutkan macam-macam kalimat tanya
3.   Setiap siswa membuat sebuah kalimat tanya dengan menggunakan katat tanya yang ada secara lisan (penilaian 1)
4.   Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang cenderamata khas NTT
5.   Siswa dibantu oleh guru membuat daftar pertanyaan untuk wawancara tentang cenderamata (buku siswa hal 52)
6.   Siswa dibentuk dalam  kelompok secara berpasangan
Keterangan: Ketika berkelompok siswa diharapkan memiliki sikap santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan teman
7.   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk melakukan wawancara dengan anggota masyarakat di sekitar sekolah tentang cenderamata khas NTT
Keterangan:
Siswa diharapkan memiliki sikap toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti, serta memiliki keterampilan mencari informasi)
8.   Setelah melakukan wawancara, siswa diajak untuk masuk kembali di dalam kelas
9.   Seorang siswa mewakili kelompoknya maju ke depan kelas untuk menceritakan hasil wawancara yang telah dilakukan (Penialain 2)
10.   Kelompok lain menanggapi hasil cerita yang telah dibacakan
11.   Guru memberi penguatan terhadap hasil kerja siswa tentang wawancara
Kegiatan Penutup
12.    Sebagai penutup, siswa diberikan pertanyaan renungan untuk membuat kesimpulan  (Buku Siswa Hal.53) dari kegiatan pembelajaran hari ini:
·      Apa saja informasi yang telah kamu dapatkan dari hasil wawancara?
·      Bagaimana perasaaanmu ketika berinteraksi dengan orang yang berbeda-beda?
·      Apa pelajaran dan manfaat yang kamu peroleh dari kegiatan wawancara ini?
13.    Siswa diberi tugas rumah
TUGAS:
Diskusikan dengan orang tuamu tentang cenderamata yang mereka miliki





H.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku siswa
2.      Siswa
3.      Format wawancara
4.      Masyarakat di sekitar sekolah

I.         Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses (Unjuk Kerja)
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk






                          Mengetahui                                                       Kupang,      Agustus 2013
                 Kepala SDN Beumopu                                                       Guru Kelas IV



                  Elias Messakh, A.Ma                                                     Sarci M. Sila, S.Pd
                  NIP. 19600112 198202 1 005                                         NIP.


                                   













LAMPIRAN PENILAIAN :











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

            Satuan Pendidikan      : SD Negeri Beumopu
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan
Sub Tema                    : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke      : 3
Alokasi Waktu            : 7 x 35 Menit

A.       Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
IPA
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.
Matematika
3.5  Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2  Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.
SBdP
3.2  Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.3  Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
IPA
1.      Menulis laporan hasil percobaan dengan melengkapi tabel
2.      Membuat peta pikiran tentang indra pendengar
Matematika
1.      Merancang pengubinan
SBdP
1.      Merancang hasil seni kreatif tentang pengubinan


D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menulis laporan hasil percobaan dengan melengkapi table secara tepat
2.      Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa dapat membuat peta pikiran tentang indra pendengar dengan tepat
3.      Setelah bereksplorasi, siswa dapat merancang pengubinan dengan benar
4.      Setalah bereksplorasi, siswa dapat merancang hasil seni kreatif tentang pengubinan dengan benar

E.       Materi Ajar
IPA
Percobaan dan indra pendengar
Matematika
Pengubinan
SBdP                        
Hasil seni kreatif tentang pengubinan

F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Penugasan, Tanya Jawab, Permainan, Demonstrasi, Pengamatan, Diskusi Dan  Ceramah

G.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
1.    Guru menyampaikan salam pembuka, dan seorang siswa diminta untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Siswa diajak membuat kontrak belajar dengan guru tentang tata tertib selama pembelajaran
4.    Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa berkaitan dengan materi pembelajaran
-          Siapa yang suka mendengarkan music?
-          Apakah kalian suka mendengarkan music secara keras-keras?
-          Bagaimana pendengaran kalian jika mendengarkan music keras-keras?
5.    Menginformasikan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang akan siswa pelajari.

Kegiatan Inti
6.    Siswa menyebutkan macam-macam alat indra pada manusia
7.    Siswa melakukan permainan untuk menentukan letak bunyi
-          Guru menutup mata siswa dengan kacu
-          Siswa yang matanya tertutup berdiri di depan kelas
-          Beberapa siswa yang lain memegang botol yang telah berisi batu dan berdiri di sekeliling kelas
-          Siswa yang memegang botol membunyikan botol tersebut
-          Siswa yang matanya tertutup harus menebak posisi teman yang membunyikan botol
-          Permainan ini dilakukan oleh setiap kelompok
8.    Siswa menyebutkan fungsi telinga
9.    Guru melakukan Tanya jawab berkaitan dengan permainan yang telah dilakukan
-          Bagaimana perasaan kalian jika mata kalian buta?
-          Indra apa yang akan kalian gunakan sebagai pengganti indra penglihatan?
10.  Siswa mengamati gambar telinga
11.  Siswa menyebutkan bagian-bagian telinga sesuai gambar
12.    Siswa dibentuk dalam kelompok kecil (setiap kelompok berjumlah 4 orang)
Keterangan:
Guru menjelaskan bahwa pembentukan kelompok untuk menumbuhkan rasa persatuan, meningkatkan toleransi antar teman
13.  Secara berkelompok siswa diarahkan mengamati gambar telinga pada buku siswa (Hal. 55)
14.  Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk membuat peta pikiran tentang indra pendengar (Buku siswa Hal. 56) (Penilaian 1)
15.  Setelah siswa menyelesaikan tugas dalam kelompok, beberapa siswa diminta untuk menyampaikan hasil kerja di depan kelas dan guru memberikan penguatan
16.  Guru melakukan Tanya jawab berkaitan dengan peta pikiran yang sudah dibuat oleh siswa
-          Bagaimana cara kamu mensyukuri anugerah Tuhan karena diberi indera pendengar yang sempurna?
-          Apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga dan merawat indra pendengar?
17.  Siswa mengamati contoh hasil seni pengubinan yang di pegang oleh guru
18.  Siswa diberikan kesempatan untuk merancang karya seni pengubinan
19.  Siswa dibagikan alat dan bahan untuk membuat karya seni pengubinan
20.  Siswa secara mandiri membuat karya seni pengubinan (Penilaian 2)
21.  Guru membimbing siswa selama membuat karya seni pengubinan
22.  Beberapa siswa menunjukkan hasil karyanya di depan kelas
23.  Hasil karya siswa dikumpulkan sebagai portofolio

Kegiatan Penutup
24.    Sebagai penutup, siswa diberikan pertanyaan renungan untuk membuat kesimpulan  (Buku Siswa Hal.58) dari kegiatan pembelajaran hari ini:
·      Apa yang kamu pelajari hari ini?
·      Apa manfaat bagi kehidupanmu sehari-hari?
·      Bagaimana cara kamu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa?
25.    Melakukan penilaian hasil belajar (Soal Terlampir)
26.    Siswa diberi tugas rumah
TUGAS:
Ajak orang tuamu menemukan dan mengamati pengubinan yang ada disekitar rumah dan mendiskusikannya
27.    Siswa diajak untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi indra yang masih sempurna


H.      Sumber dan Media Pembelajaran
-          Buku siswa
-          Siswa
-          Kacu
-          Botol dan batu
-          Kertas origami, gunting, lem, penggaris dan pensil
I.         Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses (Unjuk Kerja)
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis atau lisan (terlampir
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)      Penilaian Kinerja (Terlampir)
2)      Penilaian Produk (Terlampir)
3)      Penilaian Portofolio (Terlampir)
b.      Penilaian Hasil Belajar
Bentuk instrument           : uraian
Jumlah soal                       : 3 nomor
Soal
1.      Sebutkan bagian-bagian telinga!
2.      Sebutkan fungsi telinga?
3.      Bagaimana cara kerja telinga?

Kunci Jawaban
1.      Telinga beserta bagian-bagian. (1) Daun telinga, (2) Tulang martil, (3) Tulang landasan, (4) Tulang sanggurdi, (5) Tulang-tulang pendengaran, (6) Saluran setengah lingkaran bawah, (7) Saluran setengah lingkaran atas, (8) Saluran setengah lingkaran datar, (9) Saraf serambi, (10) Saraf rumah siput, (11) Tuba Eustachius, (12) Serambi, (13) Gendang telinga, dan (14) Liang dengar.
2.      Fungsi telingan adalah untuk mendengar dan sebagai alat keseimbangan tubuh
3.      Cara kerja telinga adalah:
Suara yang berasal dari luar masuk ke telinga melalui udara. Suara tersebut ditangkap oleh gendang telinga. Akibatnya, gendang telinga bergetar. Getaran ini lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke telinga bagian dalam, tepatnya di ujung saraf. Oleh saraf, getaran tersebut disampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar. Selain sebagai indra pendengar, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh









                          Mengetahui                                                       Kupang,      Agustus 2013
                 Kepala SDN Beumopu                                                       Guru Kelas IV



                  Elias Messakh, A.Ma                                                     Sarci M. Sila, S.Pd
                  NIP. 19600112 198202 1 005                                         NIP.


                                   



Lampiran Penilaian
1.      Peta pikiran tentang pendengaran dan  fungsinya dinilai dengan daftar periksa (IPA)
Berilah tanda √ pada keterangan yang sesuai
Kriteria Penilaian
Keterangan
Ya
Tidak
Terdapat pertanyaan menggunakan


1.      Siswa mampu menuliskan sedikitnya 3 bagian telinga.


2.      Siswa mampu menuliskan sedikitnya 3 fungsi bagian telinga.


3.      Siswa mampu menuliskan cara kerja telinga.


4.      Siswa mampu menuliskan cara merawat telinga.



2.      Unjuk kerja pengubinan dinilai dengan rubrik  (Matematika dan SBdP)
Berilah tanda √ pada keterangan yang sesuai
No.
Nama Siswa
Kriteria
Nilai
Ketepatan (celah)
Ketepatan (tidak tumpang tindih)
Variasi bentuk

1

2

3
….





Dst





Rubrik Pengubinan
Criteria
4
3
2
1
Ketepatan
(celah)
Antar bangun geometri tidak terdapat celah
Terdapat 1-2 celah antar bangun
Terdapat 3-4 celah antar bangun
Terdapat 5 atau lebih celah antar bangun
Ketepatan
(tidak tumpang
tindih)
Antarbangun
Geometri tidak terdapat tumpang
Tindih
Terdapat 1-2
bangun yang
tumpang tindih
Terdapat 3-4
bangun yang tumpang tindih

Terdapat 5 atau lebih bangun yang tumpang tindih

Variasi bentuk
4 jenis bentuk digunakan
3 jenis bentuk digunakan
2 jenis bentuk digunakan
1 jenis bentuk digunakan
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria

Penilaian :
3.      Penilaian Sikap
Berilah tanda √ pada kolom yang sesuai
No
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Ket
1
Toleransi





2
Tekun





3
Teliti





Lembar Kerja Siswa















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

            Satuan Pendidikan      : SD Negeri Beumopu
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan
Sub Tema                    : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke      : 4
Alokasi Waktu            : 7 x 35 Menit

A.       Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5     Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5  Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
PPKn
3.4  Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3  Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.      Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks
2.      Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah trowulan
PPKn
1.      Menjelaskan makna dan penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
2.      Menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat secara berkelompok
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks dan bereksplorasi, siswa dapat melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks dengan tepat
2.      Setelah bereksplorasi, siswa dapat membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah trowulan
3.      Setelah mengamati dan bereksplorasi, siswa dapat menjelaskan makna dan penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat dengan benar
4.      Setelah berdiskusi dan melakukan latihan, siswa dapat menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat secara berkelompok

E.       Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Kosa Kata Baru
PPKn
Persatuan dan Kesatuan

F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Penugasan, Tanya Jawab, Demonstrasi, Pengamatan, Diskusi Dan  Ceramah
G.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
1.   Guru menyampaikan salam pembuka, dan seorang siswa diminta untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran
2.    Guru mengecek kehadiran siswa
3.    Siswa diingatkan mengenai kontrak belajar tentang tata tertib selama pembelajaran
4.    Siswa diajak oleh guru untuk menyanyikan lagu “Satu nusa Satu bangsa”
5.    Bertanya jawab tentang lagu yang telah dinyanyikan (Kegiatan ini untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam mencari informasi dan rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat)
Contoh Pertanyaan:
·      Bercerita tentang apa dalam lagu tersebut?
·      Bagaimana perasaan kita jika kita tidak bersatu?
·      Materi apa yang kalian pelajari pada pembelajaran sebelumnya?
6.    Menginformasikan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang akan siswa pelajari.

Kegiatan Inti
7.    Siswa mengamati lidi yang dipegang oleh guru
8.    Seorang siswa diminta oleh guru untuk menyapu sampah dengan menggunakan 1 batang lidi (siswa yang lain mengamati)
9.    Siswa mengomentari tentang cara membersihkan sampah jika menggunakan 1 batang lidi saja
10.  Seorang siswa diminta oleh guru untuk menyapu sampah dengan menggunakan sapu lidi (siswa yang lain mengamati)
11.  Siswa mengomentari tentang cara membersihkan sampah jika menggunakan sapu lidi
12.  Siswa menyebutkan perbedaan jika menggunakan satu batang lidi dengan sapu lidi
13.  Siswa mengamati 1 batang lidi yang dipatahkan oleg guru
14.  Siswa mengamati sapu lidi yang dipatahkan oleh guru
15.  Siswa menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dengan melihat pada sapu lidi
16.  Siswa membaca teks tentang persatuan dan kesatuan (buku siswa hal 60)
17.  Guru membentuk siswa dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 – 5 orang
18.  Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok
19.  Setiap kelompok membuat sebuah drama yang berhubungan dengan persatuan dalam keberagaman
(Diharapakan siswa mengerjakan tugas dalam kelompok secara tertib dan tetap menjalin kebersamaan)
20.  Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk berlatih sebelum mementaskan drama
21.  Setiap kelompok mementaskan drama tentang persatuan dalam keberagaman (Penilaian 2)
22.  Kelompok lain menanggapi hasil pementasan dari kelompok
23.  Guru memberikan penguatan kepada siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pengiring:
-          Apa yang kamu pelajari dari kegiatan di atas?
-          Mengapa kita harus menjalin persatuan di keluarga, sekolah dan masyarakat?
-          Ceritakan apa yang kamu lakukan di rumah, sekolah dan masyarakat untuk menjalin persatuan?
24.  Siswa membaca teks Situs Trowulan (buku siswa hal 61)
25.  Guru melakukan Tanya jawab berkaiatan dengan teks yang sudah dibaca oleh siswa
26.  Siswa mencari kosa kata yang belum dipahami dari teks yang sudah dibaca
27.  Siswa menuliskan kosa kata yang sudah ditemukan dan menuliskan artinya (Penilaian 1)
28.  Siswa membuat kalimat berdasarkan kosa kata yang telah ditemukan
29.  Beberapa siswa melaporkan hasil kerjanya di depan kelas dan siswa lain menanggapi
30.  Guru memberi penguatan terhadap hasil kerja siswa

Kegiatan Penutup
31.    Sebagai penutup, siswa menjawab pertanyaan renungan untuk membuat kesimpulan  (Buku Siswa Hal.63)
·      Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini!
·      Apa yang telah kamu pahami dengan baik?
·      Apa yang belum kamu pahami?
32.    Melakukan penilaian hasil belajar (Soal Terlampir)
33.    Siswa diberi tugas rumah
TUGAS:
Diskusikan dengan orang tuamu contoh sikap persatuan dan kerja sama yang dilakukan di rumahmu
34.    Siswa diajak untuk bersyukur kepada Tuhan, karena tercipta hubungan yang harmonis dilingkungan sekitar


H.      Sumber dan Media Pembelajaran
Buku Siswa
Sapu lidi
Sampah
Gambar situs trowulan
I.         Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses (Unjuk Kerja)
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis atau lisan (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)      Penilaian Kinerja (Memahami kosakata baku) (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Ya
Tidak
Siswa mampu menuliskan kosakata yang belum dipahami sebanyak
mungkin.


Siswa mampu menemukan arti kosa kata yang belum dipahami di kamus sebanyak-banyaknya.


2)      Unjuk kerja drama dinilai dengan rubrik  (PPKn dan Bahasa Indonesia)
Berilah tanda √ pada keterangan yang sesuai
No
Nama Kelompok
Kriteria
Nilai
Kesia
pan tampil
Terlihat adegan yang bermakna persatuan dalam keberagaman
Terlihat adegan yang bermakna
menghargai
dalam keberagaman
Terlihat
adegan yang
bermakna kerja sama dalam keberagaman
Kualitas bahasa
dalam skenario
drama

1
2
3

Dst







Criteria
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Perlu Berlatih Lagi
Kesiapan tampil
Siswa sangat
berani tampil dan tanpa ragu-ragu. (2)
Siswa cukup
berani tampil
tanpa ragu-ragu. (1,5)
Siswa berani
tampil namun
masih ragu-ragu (1)
Siswa tidak berani tampil dan masih ragu-ragu. (0,5)
Terlihat adegan yang bermakna persatuan dalam keberagaman
Adegan dan
dialog tentang
persatuan
terlihat sangat
jelas. (4)
Adegan dan
dialog tentang
persatuan
terlihat cukup
jelas. (3)
Adegan dan
dialog tentang
persatuan kurang jelas. (2)
Adegan dan dialog tentang persatuan tidak telihat jelas.
(1)
Terlihat adegan yang bermakna
menghargai
dalam keberagaman.
Adegan dan dialog tentang makna menghargai terlihat sangat jelas. (4)
Adegan dan dialog tentang makna menghargai
terlihat cukup
jelas. (3)
Adegan dan dialog tentang makna
menghargai
kurang jelas. (2)
Adegan dan dialog tentang makna
menghargai tidak
jelas. (1)
Terlihat
adegan yang
bermakna kerja sama dalam keberagaman
Adegan dan
dialog tentang makna kerja
sama terlihat
sangat jelas. (4)
Adegan dan
dialog tentang
makna kerja
sama terlihat cukup jelas. (3)
Adegan dan
dialog tentang
makna kerja
sama kurang
jelas. (2)
Adegan dan dialog tentang makna kerja sama tidak jelas. (1)
Kualitas bahasa
dalam skenario
drama
Kualitas bahasa
sangat baik. (2)
Kualitas bahasa
cukup baik. (1,5)
Kualitas bahasa
kurang baik. (1)

Kualitas bahasa tidak baik. (0,5)


Penilaian :



b.      Penilaian Sikap
Berilah tanda √ pada kolom yang sesuai
No
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Ket
1
Toleransi





2
Percaya diri





3
Kerja sama






c.       Penilaian Hasil Belajar
Bentuk soal          : uraian
Jumlah soal          : 3 nomor
Soal
1.      Apa yang dimaksud dengan trowulan?
2.      Benda apa saja yang ada dalam situs tersebut?
3.      Kitab apa yang ditulis oleh Mpu Prapanca?
Kunci Jawaban
1.      Trowulan adalah sebuah kecamatan di kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
2.      Bangunan, temuan arca, gerabah, dan pemakaman peninggalan kerajaan Majapahit
3.      Kitab Kakawan Nagarakretagama










                          Mengetahui                                                       Kupang,      Agustus 2013
                 Kepala SDN Beumopu                                                       Guru Kelas IV



                  Elias Messakh, A.Ma                                                     Sarci M. Sila, S.Pd
                  NIP. 19600112 198202 1 005                                         NIP.


                                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

            Satuan Pendidikan      : SD Negeri Beumopu
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan
Sub Tema                    : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke      : 5
Alokasi Waktu            : 7 x 35 Menit

A.       Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
PJOK
3.2  Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.5  Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik.
Matematika
3.3  Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.4  Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk table sederhana

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
PJOK
1.      Menerapkan pola gerak dasar berirama
2.      Merancang pola gerak dasar berirama hasil karya sendiri secara berkelompok
MATEMATIKA
1.      Menyelesaikan soal-soal pembulatan harga

D.      Tujuan Pembelajaran:
  1. Setelah mengamati demonstrasi yang dilakukan guru, siswa dapat menerapkan pola gerak dasar berirama dengan benar
  2. Melalui diskusi, siswa dapat merancang pola gerak dasar berirama hasil karya sendiri secara berkelompok dengan teknik yang benar
  3. Setelah bereksplorasi, siswa dapat menyelesaikan minimal 3 soal pembulatan harga

E.       Materi Ajar:
PJOK                               : Pola gerak dasar berirama
Matematika                      : Pembulatan

F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Penugasan, Tanya Jawab, Percobaan, Demonstrasi, Pengamatan, Diskusi Dan  Ceramah
G.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Kegiatan Pembuka
1.   Guru menyampaikan salam pembuka, siswa diminta membuat gerakan sesuai aba-aba dari guru (tangan diangkat keatas, tangan di pundak, tangan di pinggang, dan tangan dilipat kemudian duduk) dan seorang siswa diberikan kesempatan untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran
2.   Guru mengecek kehadiran siswa
3.   Guru mengajak siswa menyayikan lagu “Dari sabang sampai merauke”
4.   Siswa diberi pertanyaan penggiring:
v  Ada berapa pulau besar di Indonesia?
v  Ada berapa jumlah pulau di Indonesia?
v  Berapa pulau yang sudah memiliki nama?
5.   Menginformasikan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang akan siswa pelajari.




Kegiatan Inti
6.   Siswa membaca tentang cara membulatkan bilangan (buku siswa hal 64)
7.   Guru menjelaskan tentang konsep pembulatan
8.   Siswa memahami konsep pembulatan
-          Pembulatan ke puluhan terdekat
-          Pembulatan ke ratusan terdekat
-          Pembulatan ke ribuan terdekat
9.   Siswa menyebutkan jumlah pulau di Indonesia yang sudah memiliki nama
10.   Siswa melakukan pembulatan ke puluhan, ratusan dan ribuan terdekat
11.   Siswa diminta oleh guru untuk menanyakan harga makanan yang dijual di kantin
12.   Siswa menyebutkan harga makanan yang ada di kantin setelah dilakukan pembulatan
13.   Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok
14.   Siswa diberi penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam kelompok
15.   Setiap kelompok mengamati gambar cenderamata yang ada dalam buku (Buku siswa hal 66)
16.   Siswa menyebutkan harga-harga dari setiap cenderamata
17.   Setiap kelompok mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru (Buku siswa hal 66) (Penilaian 1)
18.   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapi
19.   Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa
20.   Guru melakukan Tanya jawab tentang materi yang belum dipahami
21.   Siswa mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
22.   Siswa mengikuti gerakan yang dilakukan oleh guru
Kegiatan Penutup
23.   Sebagai penutup, siswa diberikan pertanyaan renungan untuk membuat kesimpulan  siswa  (Buku Siswa Hal. 68) dari kegiatan pembelajaran hari ini:
·      Apa yang kamu pelajari hari ini?
·      Apa manfaat bagi kehidupanmu?
24.    Melakukan tanya jawab secara lisan untuk memberi penguatan terhadap siswa mengenai materi yang telah dipelajari 
25.    Siswa diberi tugas rumah

H.      Sumber dan Media Pembelajaran
Buku siswa
Gambar cenderamata
Lingkungan kantin/sekolah
I.         Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses (Unjuk Kerja)
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
·       Penilaian Kinerja
Format Penilaian Proses
No
Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai Akhir
kerjasama
ketepatan
ketelitian
Tanggungjawab
1







2







3







4







5







Keterangan:

Rubrik penilaian lembar observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung:
1.      Kerja sama
a.       Skor 4 apabila seluruh siswa dalam kelompok dapat bekerja sama dalam menyelesaikan LKS.
b.      Skor 3 apabila hanya 3-4 orang siswa dalam kelompok yang bekerja sama dalam menyelesaikan LKS.
c.       Skor 2 apabila hanya 2-3 orang siswa dalam kelompok yang bekerja sama dalam menyelesaikan LKS.
d.      Skor 1 apabila hanya 1 orang siswa dalam kelompok yang bekerja dalam menyelesaikan LKS.
2.      Ketepatan
a.       Skor 4 apabila semua jawaban kelompok sesuai dengan jawaban yang di sediakan guru.
b.      Skor 3 apabila jawaban kelompok hanya benar 4 dari jumlah soal yang ada.
c.       Skor 2 apabila jawaban kelompok hanya benar 3 dari jumlah soal yang ada.
d.      Skor 1 apabila jawaban kelompok hanya benar 1-2 dari jumlah soal yang ada.
3.      Ketelitian
a.       Skor 4 apabila siswa dalam kelompok dapat menjelaskan sejarah perumusan Pancasila.
b.      Skor 3 apabila siswa dalam kelompok dapat proses pembentukan BPUPKI.
c.       Skor 2 apabila apabila siswa dalam kelompok dapat menyebutkan rumusan Pancasila yang sah.
d.      Skor 1 apabila siswa dalam kelompok dapat menyebutkan ketua dan wakil BPUPKI.
4.      Tanggung jawab
a.       Skor 4 apabila siswa dalam kelompok berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
b.      Skor 3 apabila siswa dalam kelompok menjawab pertanyaan yang diajukan kelompok lain.
c.       Skor 2 apabila siswa dalam kelompok hanya mempresentasikan hasil diskusi tanpa menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
d.      Skor 1 apabila siswa dalam kelompok tidak mempresentasika hasil diskusi di depan kelas.

                          Mengetahui                                                       Kupang,      Agustus 2013
                 Kepala SDN Beumopu                                                       Guru Kelas IV



                  Elias Messakh, A.Ma                                                     Sarci M. Sila, S.Pd
                  NIP. 19600112 198202 1 005                                         NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)

            Satuan Pendidikan      : SD Negeri Beumopu
Kelas/Semester            : IV/1
Tema                           : Indahnya kebersamaan
Sub Tema                    : Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke      : 6
Alokasi Waktu            : 7 x 35 Menit

A.       Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
Matematika
3.4  Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.5  Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk table sederhana
BAHASA INDONESIA
2.3  Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
MATEMATIKA
1.      Menyelesaikan soal-soal pembulatan harga
BAHASA INDONESIA
1.      Menyelesaikan teka-teki silang

D.      Tujuan Pembelajaran:
  1. Setelah bereksplorasi, siswa dapat menyelesaikan minimal 3 soal pembulatan harga
  2. Setelah bereksplorasi dan berdiskusi, siswa dapat menyelesaikan teka-teki silang dengan tepat


E.       Materi Ajar:
Matematika                      : Pembulatan
Bahasa Indonesia             :  Teka-teki silang

F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Penugasan, Tanya Jawab, Pengamatan, Diskusi Dan  Ceramah

G.      Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Kegiatan Pembuka
1.      Guru menyampaikan salam pembuka, seorang siswa diberikan kesempatan untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran
2.   Guru mengecek kehadiran siswa
3.   Bertanya jawab dengan siswa tentang materi pembelajaran
Siswa diberi pertanyaan penggiring:
v  Siapa yang pernah mengisi Teka-Teki  Silang?
v  Apakah soal-soalnya gampang?
v  Bagaimana cara mengisi TTS?
4.   Menginformasikan Tema, Sub Tema, dan Pembelajaran yang akan siswa pelajari.
5.   Guru melakukan kontrak belajar dengan siswa




Kegiatan Inti
6.   Guru membentuk siswa dalam kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang)
7.   Guru membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok
8.   Guru menjelaskan cara mengerjakan tugas tentang mengisi teka-teki silang budaya
9.   Siswa mengerjakan tugas tentang teka-teki silang budaya (buku siswa hal.69)
10.   Guru membimbing siswa selama mengerjakan tugas (penilaian 1)
11.   Perwakilan kelompok melaporkan hasil kerja tentang teka-teki silang budaya di depan kelas dan kelompok lain menanggapi
12.   Guru memberi penguatan terhadap hasil kerja siswa
13.   Hasil kerja siswa tentang teka-teki silang budaya dikumpulkan
14.   Siswa mengamati gambar cenderamata yang ada dibuku dan menyebutkan harganya
15.   Siswa diingatkan kembali tentang konsep pembulatan
16.   Siswa mengerjakan tugas secara sendiri-sendiri tentang pembulatan (buku siswa hal. 71)
17.   Beberapa siswa melaporkan hasil kerja di depan kelas dan siswa yang lain menanggapi
18.   Guru memberi penguatan terhadap hasil kerja siswa
19.   Siswa diminta oleh guru untuk membuat soal cerita berhubungan dengan pembulatan
20.   Siswa mengumpulkan soal cerita yang telah dibuat
Kegiatan Penutup
21.   Sebagai penutup, siswa diberikan pertanyaan renungan untuk membuat kesimpulan  siswa  dari kegiatan pembelajaran hari ini:
·      Apa yang kamu pelajari dalam minggu ini?
·      Bagian mana yang sudah kamu pahami?
·      Bagian mana yang belum kamu pahami?
22.    Siswa mengerjakan soal evaluasi (Soal Terlampir)
23.    Salam penutup dan doa

H.      Sumber dan Media Pembelajaran
Buku siswa
Lembar teka-teki silang
Tabel tentang harga cenderamata
I.         Penilaian
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses (Unjuk Kerja)
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
·       Penilaian Kinerja
·       Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Esai atau uraian



                          Mengetahui                                                       Kupang,      Agustus 2013
                 Kepala SDN Beumopu                                                       Guru Kelas IV



                  Elias Messakh, A.Ma                                                     Sarci M. Sila, S.Pd
                  NIP. 19600112 198202 1 005                                         NIP.


                                   
LAMPIRAN PENILAIAN :
v  Penilaian 1 (Mengerjakan tugas dalam kelompok)
Kelompok
Komponen sikap
Jumlah skor
keterangan
1
2
3
4
I






II






III






IV






V






Jumlah







Keterangan:
1.      Kerjasama
2.      Tanggung jawab
3.      Aktif Tanya jawab
4.      Keberanian
Diskriptor
1)      Kerjasama
4 = jika semua anggota kelompok bekerjasama dalam menyelesaikan tugas
3 = jika 3 atau 4 anggota kelompok bekerjasama menyelesaikan tugas
2 = jika hanya 2 anggota kelompok yang bekerjasama menyelesaikan tugas
1 = jika tidak ada siswa yang bekerjasama dalam kelompok/kerja individu
2)      Tanggung jawab
4 = jika semua anggota kelompok dapat menjalankan tugasnya masing-masing
3 = jika 3 siswa yang dapat menjalankan tugasnya dalam kelompok
2 = jika 2 siswa yang dapat menjalankan tugasnya dalam kelompok
1 = jika 1 siswa yang dapat menjalankan tugasnya dalam kelompok
3)      Aktif bertanya jawab
4 = jika siswa dalam kelompok sering bertanya jawab dengan guru dan siswa
3 = jika siswa dalam kelompok sering bertanya jawab dengan guru atau siswa
2 = jika siswa dalam kelompok kadang-kadang bertanya jawab dengan guru atau siswa
1 = jika siswa dalam kelompok tidak pernah bertanya jawab dengan guru atau siswa
4)      Keberanian
4 = jika siswa berani menjawab pertanyaan guru dengan alasan disertai contohnya
3 = jika siswa berani menjawab pertanyaan guru dengan alasan tanpa disertai contoh
2 = jika siswa berani menjawab pertanyaan guru tanpa alasan
1 = jika siswa tidak berani menjawab pertanyaan guru
v  Penilaian 2 (Melakukan Presentasi )

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Nilai Akhir
Kenyaringan suara
Intonasi
Ketepatan menjawab
Santun berbahasa


1
….






2
….






3
….






4
….






5
….






6
Dst
















Kriteria penilaian proses berbicara siswa yaitu:
1)      Kenyaringan suara
a)      Skor 4 apabila  siswa berbicara dengan kenyaringan suara yang dapat didengar semua siswa dalam kelas
b)      Skor 3 apabila siswa berbicara dengan kenyaringan suara yang hanya dapat didengar sebagian siswa dalam kelas
c)      Skor 2 apabila siswa berbicara dengan kenyaringan suara yang hanya dapat didengar sebagian kecil siswa dalam kelas
d)     Skor 1 apabila siswa berbicara dengan kenyaringan suara yang tidak dapat didengar oleh semua siswa dalam kelas
2)      Intonasi
a)      Skor 4 apabila siswa berbicara dengan menggunakan intonasi yang sesuai
b)      Skor 3 apabila siswa berbicara dengan menggunakan intonasi yang kurang sesuai
c)      Skor 2 apabila siswa berbicara dengan menggunakan intonasi yang tidak sesuai
d)     Skor 1 apabila siswa berbicara dengan menggunakan intonsi yang sangat tidak sesuai
3)      Ketepatan menjawab
a.       Skor 4 apabila siswa menjawab dengan tepat
b.      Skor 3 apabila siswa menjawab kurang tepat
c.       Skor 2 apabila siswa menjawab tidak tepat
d.      Skor 1 apabila siswa menjawab sangat tidak tepat
4)      Santun berbahasa
a)      Skor 4 apabila siswa berbicara dengan menggunakan bahasa yang santun
b)      Skor 3 apabila siswa berbicara dengan mengggunakan bahasa yang kurang santun
c)      Skor 2 apabila siswa berbicara dengan menggunakan bahasa yang tidak santun
d)     Skor 1 apabila siswa berbicara dengan menggunakan bahasa yang sangat tidak santun







Lembar Kerja Siswa 1


Lembar Kerja Siswa 2

Soal Evaluasi

1.      Jelaskan pengertian pengubinan!
2.      Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata Tanya bagaimana!
3.      Sebutkan bagian-bagian telinga!
4.      Jelaskan pengertian trowulan!
5.      Bilangan : 7.870. buatlah pembulatan ke ribuan terdekat!









Kunci Jawaban
1.      Pengubinan adalah proses menutup suatu permukaan dengan suatu bangun datar hingga tidak saling tindih dan tidak terdapat celah
2.      Bagaimana cara membuat pisang goring? (disesuaikan dengan jawaban siswa)
3.      Telinga beserta bagian-bagian. (1) Daun telinga, (2) Tulang martil, (3) Tulang landasan, (4) Tulang sanggurdi, (5) Tulang-tulang pendengaran, (6) Saluran setengah lingkaran bawah, (7) Saluran setengah lingkaran atas, dll
4.      Trowulan adalah sebuah kecamatan di kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
5.       8.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar