Satuan
Pendidikan
|
:
|
SD Negeri
Beumopu
|
||||||||||||||
Kelas/Semester
|
:
|
IV/I
|
||||||||||||||
Tema/Sub
tema
|
:
|
Indahnya
Kebersamaan/Keberagaman Budaya Bangsaku
|
||||||||||||||
Pembelajaran
ke-
|
:
|
1
|
||||||||||||||
Alokasi
Waktu
|
:
|
7 x
35
|
||||||||||||||
Hari/Tanggal
|
:
|
Selasa,
23
Juli 2013
|
||||||||||||||
A. Kompetensi Inti
|
|
|
||||||||||||||
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
||||||||||||||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
||||||||||||||||
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya
berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dan tempat bermain
|
||||||||||||||||
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis,dan sistematis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
||||||||||||||||
B.
Kompetensi Dasar
|
||||||||||||||||
Ø PPKn
|
||||||||||||||||
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
||||||||||||||||
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam
keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
|
||||||||||||||||
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa,
rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan
orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
||||||||||||||||
Ø IPS
|
||||||||||||||||
3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
||||||||||||||||
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
|
||||||||||||||||
Ø SBdP
|
||||||||||||||||
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi,
dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
|
||||||||||||||||
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak
tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
||||||||||||||||
Ø Bahasa Indonesia
|
||||||||||||||||
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
||||||||||||||||
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
|
||||||||||||||||
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||||||||||||||||
Ø PPKn
|
||||||||||||||||
w Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk
tulisan
|
||||||||||||||||
w Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta
pikiran
w Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggan
menjadi anak Indonesia
|
||||||||||||||||
Ø IPS
|
||||||||||||||||
w Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati
keberagaman dalam bentuk tulisan
|
||||||||||||||||
Ø SBdP
|
||||||||||||||||
w Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tinggi rendah
nada yang sesuai
|
||||||||||||||||
Ø Bahasa Indonesia
|
||||||||||||||||
w Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam
bentuk peta pikiran
|
||||||||||||||||
D.
Tujuan Pembelajaran
|
||||||||||||||||
1.
Setelah mengamati gambar dan
diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia
dalam bentuk tulisan dengan benar
2.
Setelah membaca teks “ Mengenal
Suku Minang “ siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk pola pikiran dengan
benar
3.
Setelah mencari informasi
keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang
harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan
benar
4.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi,
siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggan menjadi anak
Indonesia dengan benar
5.
Setelah bernyanyi dan berdiskusi,siswa mampu membedakan
tinggi rendah notasi yang sesuai.
|
||||||||||||||||
E.
Materi Ajar
|
||||||||||||||||
w Bangga sebagai anak Indonesia, Keberagaman Budaya _ Notasi
lagu/nada
|
||||||||||||||||
F.
Pendekatan dan metode Pembelajaran
|
||||||||||||||||
w Pendekatan _ Scientific
|
||||||||||||||||
w Metode _ Penugasan, pengamatan, Tanya jawab, demonstrasi, diskusi, ceramah
|
||||||||||||||||
G.
Kegiatan Pembelajaran
H. Sumber dan Media
Pembelajaran
w Diri siswa
w Buku siswa
w Gambar peta/peta
budaya
w Kliping anak tentang
beragam budaya di Indonesia
I. Penilaian
1.
Prosedur
penilaian
w Penilaian proses
Menggunakan
format pengamatan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari awal
kegiatan sampai kegiatan akhir
w Penilaian hasil
belajar
Menggunakan
instrumenpenilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2.
Instrumen
Penilaian
w Penilaian proses
o penilaian kinerja
o penilaian produk
w Penilaian hasil
belajar
o Isian singkat
o Uraian/esai
|
Mengetahui
|
|
|
Kupang,
|
Kepala
Sekolah
|
|
|
Guru
Kelas IV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ELIAS MESSAKH, A.Ma
|
|
|
SARCI M. SILA,
S.Pd
|
NIP. 19600112 1982 031 005
|
|
|
NIP.
|
Lampiaran Penilaian :
F Penilaian I
Daftar
periksa untuk peta pikiran ( Bahasa Indonesia )
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
|
Sudah
|
Belum
|
Peta pikiran memuat rumah adat
|
|
|
Peta pikiran memuat bahasa
|
|
|
Peta pikiran memuat alat music tradisional
|
|
|
Peta pikiran memuat makanan tradisional
|
|
|
Peta pikiran memuat tarian tradisional
|
|
|
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||
Peta pikiran memuat rumah adat
|
Peta pikiran memuat bahasa
|
Peta pikiran memuat alat music
tradisional
|
Peta pikiran memuat makanan
tradisional
|
Peta pikiran memuat tarian
tradisional
|
|||||||
Ya
|
Blm
|
Ya
|
Blm
|
Ya
|
Blm
|
Ya
|
Blm
|
Ya
|
Blm
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket :
F Penilaian 2
Daftar
priksa untuk sikap menunjukkan keberagaman (IPS dan PKN )
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
|
Sudah
|
Belum
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
|
|
Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai
keberagaman
|
|
|
F Penilaian 3
Rubrik
diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali (3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih
lagi (1)
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali
masih perlu diingatkan
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara
|
Komunikasi nonverbal(kontak mata, bahasa tubuh,
postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal
dengan tepat
|
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi
nonverbal yang ditunjukkan teman
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman
|
Pertisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu
mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon
sesuai dengan topik
|
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal
hingga akhir
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut tetapi
belum konsisten
|
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut
|
Cat : centang (√)pada bagian yang memenuhi criteria
Penilaian
:
Cth :
F Penilaian 4
Daftar
priksa untuk menyanyi
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
|
Sudah
|
Belum
|
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar
|
|
|
Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada
|
|
|
F Penilaian 5
Penilaian
sikap ( peduli, percaya diri dan rasa ingin tahu )
No
|
Sikap
|
Belum terlihat (1)
|
Mulai terlihat
(2)
|
Mulai berkembang
(3)
|
Membudaya
(4)
|
Ket
|
1
|
Peduli
|
|
|
|
|
|
2
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
|
3
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Ket
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
F Penilaian I
Daftar
periksa untuk peta pikiran ( Bahasa Indonesia )
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
|
Sudah
|
Belum
|
Peta pikiran memuat rumah adat
|
|
|
Peta pikiran memuat bahasa
|
|
|
Peta pikiran memuat alat music tradisional
|
|
|
Peta pikiran memuat makanan tradisional
|
|
|
Peta pikiran memuat tarian tradisional
|
|
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Tanggung jawab
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal=16
Skor perolehan
Skor
Maksimal
2. Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Komuni-kasi
|
Sistematika penyampaian
|
Penguasaan pengetahuan/Materi
|
Keberanian
|
Antusias
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Komunikasi: Sistematika
Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1 =
Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi
sulit dimengerti 2 =
Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang
jelas dimengerti 3 = Sistematis,
uraian cukup
4 = Komunikasi
sangat lancar, benar dan jelas 4
= Sistematis, uraian luas, jelas
Wawasan: Keberanian:
1 = Tidak
menunjukkan pengetahua/ materi 1
= Tidak ada keberanian
2 = Sedikit memiliki pengetahuan/materi 2 = Kurang berani
3 = Memiliki pengetahuan/materi tetapi kurang luas 3 = Berani
4 = Memeiliki
pengetahuan/materi yang luas 4 = Sangat berani
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor maksimal=20
Skor perolehan
Skor
Maksimal
B. Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jlh
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan menentukan benda dengan persegi
|
Ketepatan menggam-bar persegi
|
Banyaknya benda dan gambar yang dibuat
|
Kerapih-an
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor:
Aspek ke-1
dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Aspek ke-3
1=Jika
mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi
≥5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar